Audit Mutu Internal (AMI) pada Program Studi Kimia UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2024 oleh Lembaga Penjaminan Mutu.

Kegiatan AMI penting untuk memastikan bahwa semua proses dan prosedur di Program Studi Kimia berjalan sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan Standar National Perguruan Tinggi (SN DIKTI) dan standar internal Perguruan Tinggi. Kegiatan audit ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian, efektivitas dari mulai tahapan penetapan, pelaksanaan, evaluasi pengendalian dan peningkatan yang sesuai dengan siklus SPMI serta efisiensi pelaksanaan sistem mutu yang ada di prodi.

Tahun ini Fakultas Saintek dengan 4 Prodi (Kimia, Fisika, Matematika dan Biologi) telah mengembangkan sistem aplikasi kurikulum berbasis Outcome Base Education (OBE) yang disebut dengan SIM OBE. Pada aplikasi ini, kurikulum prodi kimia dari mulai profil lulusan, capaian pembelajaran lulusan, rencana pembelajaran hingga evaluasi pembelajaran tiap mahasiswa (portofolio) telah tersistem dengan baik pada aplikasi tersebut. Hal ini memudahkan monitoring dan evaluasi proses pembelajaran pada tahap pembelajaran selanjutnya. Evaluasi tidak hanya dilakukan pada sistem pembelajaran tetapi juga secara menyeluruh terhadap kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, tracer alumni dan stakeholder.

Prodi kimia juga telah melakukan kolaborasi international yang meliputi pembelajaran dan pembimbingan skripsi. Proses pembelajaran melibatkan praktisi industri dari The National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST) pada mata kuliah Kimia Katalis dan International visiting lecturer CHM. Dr. Mohamad Saufi bin Rosmi dari Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia. Kolaborasi pembimbingan skripsi melibatkan dosen pembimbing tamu dari universitas Brawijaya dan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia. Kolaborasi ini bertujuan meningkatkan kualitas dan kemutakhiran pembelajaran dan penelitian. Peningkatan yang perlu dilakukan adalah peningkatan komunikasi publik melalui kanal digital termasuk akses informasi mahasiswa pada website prodi. Implementasi rekomendasi tentang penyediaan informasi yang lebih lengkap dan terkini di website prodi diharapkan dapat membantu dalam perbaikan dan pengembangan Program Studi Kimia.